Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Cara Mengatasinya

Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Cara Mengatasinya

Broken Link atau link rusak adalah sebuah link yang tidak bisa diakses karena terdapat beberapa kesalahan pada link tersebut. Baik karena kesalahan penulisan link, link telah dihapus, maupun karena masalah lain.

Ada beberapa indikasi broken link, salah satu yang paling sering dijumpai adalah kesalahan 404. Kesalahan 404 mengindikasikan bahwa link tersebut telah rusak, dengan alasan bahwa link sudah dihapus.

Didalam sebuah blog ada beberapa bagian yang bisa menimbulkan munculnya broken link/link rusak, diantaranya:

  • Link pada postingan
  • Kesalahan penulisan link
  • komentar


ketiga bagian diatas merupakan bagian blog yang paling sering menjadi penyebab timbulnya link rusak. Yang pertama adalah pada postingan itu sendiri. Kalang kala anda akan menyertakan link lain kedalam postingan blog anda.

Jika link yang anda tautkan didalam postingan ini telah dihapus oleh pemilik-nya maka link tersebut akan menjadi broken link.

Yang kedua adalah kesalahan penulisan link. Kadang kala dalam penulisan sebuah link terdapat kesalahan penulisan, seperti kurangnya titik pada link atau bisa juga kesalahan pada penulisan huruf.

Dan yang terakhir adalah broken link bisa berasal dari komentar. Kolom komentar yang didalamnya terdapat link aktif bukanlah sebuah masalah, namun apabila link aktif tersebut menuju ke sebuah halaman blog lain yang ternyata sudah dihapus maka bisa berakibat pada munculnya link rusak.

Broken link yang ada pada sebuah blog akan berdampak buruk bagi blog itu sendiri. Karena google sendiri tidak menyukai blog yang didalamnya terdapat banyak link rusak, maka bisa jadi blog anda akan terkena deindex.

Nah oleh sebab itu anda harus selalu memperhatikan apakah didalam blog anda terdapat broken link? anda juga harus tahu dimana letak broken link tersebut, dan kemudian anda harus memperbaiki broken link yang ada.

Disini saya akan mencoba memberikan anda sebuah cara untuk mengetahui apakah blog anda terdapat broken link atau tidak, dan juga cara memperbaikinya apabila memang terdapat broken link. Baiklah untuk caranya anda bisa melihat pada panduan dibawah ini:

1. Buka situs berikut Online Broken Link Checker

Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Cara Mengatasinya

2. Masukan URL blog anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik "Find Broken Links"
3. Lalu masukan "Security Code" yang ditampilkan
4. Pada area di bawahnya, silahkan pilih pada "Report all occurrences of each dead link (may be slower)


Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Cara Mengatasinya

5. Selanjutnya klik pada "Find Broken Links Now!"
6. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai.
7. Jika didalam blog anda ditemukan link rusak(broken link), maka tampilannya akan seperti ini:

Sampai tahap ini anda sudah berhasil menemukan link rusak pada blog anda, maka langkah selanjutnya adalah cara memperbaiki link tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Copy URL yang ditampilkan pada menu "Broken Link"
  2. Klik tulisan "src" yang berada pada menu "Page Where Found"
  3. Akan ditampilkan tab jendela baru yang mengarah pada salah satu postingan blog yang terdapat link rusak. Letak link rusak akan ditandai dengan warna Merah.
  4. Untuk memudahkan dalam pencarian dimana letak link rusak, silahkan tekan CTRL+F dan pastekan URL yang telah dicopy sebelumnya. Kemudian tekan "Enter"
  5. Maka anda melihat link rusak pada postingan tersebut.
  6. Tugas anda selanjutnya adalah masuk ke blogger.com dan pilih postingan yang terdapat link rusak
  7. Cari dan temukan letak link rusak yang ada pada postingan tersebut. Kemudian hapus link yang ada di dalam postingan tersebut.
  8. Klik "Update"
  9. Lakukan cara 1-8 secara berulang sampai semua link rusak hilang.

Apabila anda sudah berhasil menghapus semua link yang rusak, maka untuk memastikannya anda bisa membuka situs Online Broken Link Checker lagi. Apabila terdapat tulisan:

"STATUS COMPLETED!
Processed ... web pages, found 0 broken links

Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Cara Mengatasinya

Itu artinya blog anda sudah bersih dari link rusak(broken link).

Nah sobat, sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan pengecekan dan perbaikan terdapat broken link.

Tetapi walaupun anda sudah berhasil memperbaiki broken link, namun anda harus tetap rajin mengecek broken link setiap saat. Karena kita tidak tahu kapan dan dimana akan munculnya broken link itu.

Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat untuk anda ya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates: