Waspada Akan Berita Palsu, Lihat Foto-Foto Yang Telah Dimanipulasi Berikut!

Waspada Akan Berita Palsu, Lihat Foto-Foto Yang Telah Dimanipulasi Berikut!

Efek positif dan negatif akan adanya kemudahan teknologi sudah bisa kita rasakan saat ini. Khususnya lagi perkembangan dunia editing, dimana kita diberikan kemudahan untuk dapat memodifikasi dan memanipulasi suatu gambar atau foto.

Pada awalnya hal ini memang sangat berguna bagi banyak orang, namun disamping itu nyatanya hal itu pula yang merugikan banyak orang.

Seperti adanya berita hoax atau bohong yang menampilkan foto-foto atau gambar palsu yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Kemudahan untuk membuat berita palsu ini semakin dipermudah dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Nah berikut adalah beberapa foto yang menampilkan kepalsuan yang tidak sesuai dengan fakta:

Foto Jari Tengah Pangeran William



Jika kita melihat foto yang pertama ini mungkin anda akan merasa bahwa pangeran William sedang mengacungkan jari tengahnya.

Namun bagaimana jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, maka kita akan melihat bahwa sebenarnya jari pangeran membentuk angka tiga.


Penodongan Senjata Angkatan Amerika Kepada Pasukan Irak



Pada foto tersebut terlihat bahwa angkatan laut Amerika Serikat sedang menodongkan senjatanya ke kepala salah satu anggota militer Irak.

Namun hal ini tidaklah benar, foto tersebut  sebenarnya telah diperkecil (crop) sehingga terlihat demikian.

Kenyataannya pasukan Amerika tersebut sedang berlutut untuk memberikan bantuan berupa air kepada anggota militer Irak yang sedang kehausan.


Ramainya Peresmian Presiden Donald Trump



Dari foto diatas, mungkin anda menyangka bahwa acara peresmian tersebut dihadiri oleh banyak orang dan penonton.

Namun sayang itu hanyalah formalitas belaka, karena pada dasarnya acara tersebut hanya dihadiri oleh beberapa orang saja. Bahkan area tribun pun terlihat sepi.


Meriahnya Kampanye Hillary Clinton



Hampir sama dengan foto Donald Trump, Pada acara Hilary Clinton pun dibuat seakan-akan ramai dan meriah. Padahal jika kita melihat sedikit lebih jauh maka bisa kita lihat beberapa orang saja yang ada pada acara tersebut.


Anak Kecil Yang Takut Pada Tentara



Jika anda merasa bahwa anak kecil yang ada di foto tersebut sedang dianiaya oleh seorang tentara, maka anggapan anda itu salah besar.

Karena sebenarnya foto tersebut sebenarnya menampilkan seorang tentara yang sedang bermain sebuah permainan layaknya bulutangkis.

Lalu kenapa anak tersebut seperti ketakutan? Mungkin saja ia takut terkena pukulan smash kali ya.


Keramaian Kampanye Theresa May




Seperti kedua foto sebelumnya, acara kampanye Theresa May juga disajikan seolah-olah ia sedang berada dalam keramaian para pendukungnya.

Namun ternyata sama saja, itu hanya sebuah permainan pengambilan foto saja. Dan bisa dilihat bahwa para penonton yang ada sangatlah sedikit.

Jadi bagaimana sobat, apakah anda masih mudah percaya akan berita-berita yang tersebar di dunia internet? sebaiknya sebelum anda percaya akan suatu berita atau informasi, alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu kebenaran berita tersebut ya.

Subscribe to receive free email updates: